Selasa, 17 Oktober 2017

BLOG PR DIGITAL


A.    Pengertian
Blog merupakan singkatan dari "web log" yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog). Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), meskipun tidak harus selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya.
Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar (TLD).
Kali ini kita juga akan membahas tentang apa itu blogger, blogging, dan blogspot :
1.      Blogger : adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.com.
2.      Blogging : adalah aktivitas nge-blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.
3.      Blogspot : adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id. Di Hongkong, alamatnya menjadi .blogspot.hk, di Jepang menjadi blogspot.jp, di India menjadi blogspot.in, dan sebagainya.
Jadi sudah jelas bahwa dalam pengertian blog terdapat beberapa penjabaran dan pengertian di dalamnya.
B.     Manfaat
Blog memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi perusahaan. Blog atau web blog menjadi salah satu tempat untuk menuangkan opini yang cukup efektif saat ini, selain itu aktivitas ngeblog juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Mulai dari menambah pengetahuan hingga menambah penghasilan.
Berikut adalah beberapa manfaat dari blog secara singkat :
1.      Memudahkan dalam berbagi informasi :
2.      Melatih keterampilan dan kreatifitas menulis
3.      Media aktualisasi diri
4.      Media promosi
Itu adalah 4 manfaat blog secara singkat dan masih banyak lagi manfaat blog yang dapat anda jumpai.
Lantas bagaimana manfaat blog bagi perusahaan? Berikut pemahamannya :
Salah satu fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan serta sebagai media menjaring inputan dari pelanggan. Banyak pengguna suatu produk akan menuliskan pendapat, perasaan, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai produk tersebut, melalui blog. Dengan memiliki blog, perusahaan akan dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi jutaan dollar hanya karena kurang mendengarkan suara pelanggannya.
Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia bisnis (perusahaan).
1.      Komunikasi dengan Pelanggan
2.      Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
3.      Menarik Perhatian Pelanggan
4.      Meningkatkan Penjualan
5.      Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
6.      Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Namun demikian, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang wajib.
Lantas apa kaitan blog dan praktisi PR?
Sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian dan manfaat humas secara umum, dan sekarang kita akan membahas kaitan blog dan seorang praktisi PR. Dimana kita ketahui bahwa seorang PR harus setia melaksanakan tugasnya demi keberlangsungan perusahaan, dan tentu dalam melaksanakan tugasnya seorang PR harus bisa menggunakan cara yang efektif dan efisien, salah satunya adalah dengan menggunakan blog.
Berikut adalah kaitan antara blog da PR :
Blog untuk PR dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Tugas PR dalam  Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar.
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.
Pemanfaatan media sosial dengan baik, akan membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan public relations sebuah perusahaan. Media sosial merupakan kendaraan hebat untuk membawa dan menyebarkan pesan akan citra,brand atau layanan kepada jutaan konsumen dunia maya. Sebagai seorang PR,tentunya harus cukup pintar dalam menggunakan situs jejarng social,yang bisa membentuk image positif tidak hanya image personal,tetapi sekaligus image positif perusahaan.
C.    Kesimpulan
Blog adalah sebuah sarana yang baik bagi seorang PR dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dalam instansi ataupun perusahaan. Namun blog juga memiliki manfaat yang kurang baik jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan secara profesional.
Blog adalah sarana yang baik karena dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dan dimana saja yang penting memiliki jaringan internet. Blog memiliki kelebihan yaitu bisa sebagai sarana penyampaian pendapat oleh konsumen dan juga sarana evaluasi bagi perusahaan.

Referensi
Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Penerbitan PT. Citra Aditya Bakti
Kusunastuti,Frida. 2001. Dasar-Dasar Humas . Jakarta : GhaliaIndonesia
Drs. Soleh Soemirat, M.S & Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Rosdakarya.
Philip Henslowe, Public Relations- A Practical Guide To The Basics. Crest Publishing House 2003. 
Philip Henslowe, Public Relations- A Practical Guide To The Basics. Crest Publishing House 2003. 
Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT. RajaGrafindo. Jakarta. 2005.
Wikipedia



1 komentar:

  1. Halooo... Thank you for the information. Very informative and useful. Don't forget to click on the following website walisongo.ac.id

    BalasHapus

MANAJEMEN REPUTASI PR DIGITAL

Dalam sebuah perusahaan kata manajemen dan reputasi sangatlah tidak asing kita dengar, bahkan kedua kata ini menjadi sesuatu yang sangat ...