Selasa, 05 Desember 2017

INTERAKTIF PR DIGITAL


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia interaktif adalah bersifat saling melakukan aksi; antar-hubungan; saling aktif.
Interaktif adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Interaktif memiliki arti dalam bidang ilmu komputer. Interaktif memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga interaktif dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.
Interaktif juga berarti suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat. Kombinasi dari interaksi-interaksi sederhana dapat menuntun pada suatu fenomena baru yang mengejutkan. Dalam berbagai bidang ilmu, interaksi memiliki makna yang berbeda.
Dan yang dimaksud dengan interaksi PR digital adalah segala bentuk hubungan timbal balik yang terjadi antara komunikator dan komuikan atau penyampai dan penerima pesan yang saling berhubungan melalui media digital.
Interaktif yang terjadi dalam dunia digital sedikit berbeda dengan interaktif yang terjadi secara langsung, karena interaktif secara digital adalah sebuah hubungan timbal balik yang terjadi melalui media dan bisa saja tidak berespon secara langsung atau dalam makna lain membutuhkan waktu. Namun interaktif digital sangat memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan/instansi dan dalam mendukung kinerja humasnya. Interaktif secara digital mampu menyebar luas sampai kemanapun, asalkan ada jaringan internet.
Interaktif PR digital bermanfaat dalam banyak hal, salah satunya adalah dalam mengetahui kebutuhan dan tanggapan khalayak atau konsumen terhadap produk, jasa atau bahkan perusahaan itu sendiri. Dan respon dari khalayak itu yang akan menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan atau instansi dalam mengambil setiap keputusan dalam pembentukan kebijakan untuk menjadikan perusahaan atau instansi itu semakin berkiprah atau semakin diminati oleh khalayak.
Interaktif PR digital bukanlah sesuatu yang dapat dipandang sebelah mata, karena era informasi dan komunikasi sudah semakin berkembang dan kebutuhan akan keterbukaan informasi sebuah perusahaan atau instansi sangat dikedepankan. Sebuah perusahaan yang tidak mampu untuk melakukan interaktif dengan khalayak maka akan sulit bahkan tidak mampu untuk bersaing dalam perkembangan zaman ini.
Seorang PR dituntut mampu memberikan sesuatu yang bisa memancing khalayak untuk memberikan feedback terhadap perusahaan/instansi. Dan salah satu cara terbaik adalah dengan media digital. Meskipun ada banyak kelemahan juga dalam media digital ini tetapi jika mampu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik maka dapat menunjang keberlangsungan hidup sebuah perusahaan/instansi.
Interaksi yang aktif atau interaktif menjadi momok yang menakutkan sekaligus menyenangkan. Mengapa demikian? Karena jika interaksi yang aktif itu tidak dapat didukung dengan baik oleh skil dari seorang praktisi PR perusahaan/instansi maka interaktif itu juga yang akan menghancurkan perusahaan/instansi itu. Namun interaktif dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bila sudah di dukung dengan kinerja praktisi PR yang profesional. Karena interaktif bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan/instansi.
Oleh sebab itu seorang praktisi PR sangat di tuntut untuk dapat menguasai media digital dengan baik agar dapat menghasilkan interaktif yang baik dan maksimal juga.
Referensi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MANAJEMEN REPUTASI PR DIGITAL

Dalam sebuah perusahaan kata manajemen dan reputasi sangatlah tidak asing kita dengar, bahkan kedua kata ini menjadi sesuatu yang sangat ...